• Pilih Kategori

BUKU PANDUAN LIMA KELOMPOK MATA PELAJARAN

Buku Panduan penilaian kelompok mata pelajaran Agama dan Akhlak Mulia, Kewarganegaraan dan Kepribadian, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (iptek), Estetika, dan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan yang  disusun dalam upaya memfasilitasi  pendidik (khususnya guru 5 Kelompok Mata Pelajaran)  dan satuan pendidikan   agar  dapat melaksanakan penilaian secara bermutu terhadap pencapaian  hasil  belajar  peserta  didik pada  jenjang  pendidikan  dasar  dan menengah.

Buku panduan ini berfungsi sebagai rujukan bagi para pendidik atau guru yang  mengajar  dalam melaksanakan penilaian, dari  mulai penyusunan kisi-kisi sampai dengan pengolahan dan pelaporan hasil penilaian.

Melalui buku panduan ini, pendidik dan satuan pendidikan diharapkan dapat meningkatkan mutu kinerjanya dalam melaksanakan penilaian terhadap para peserta   didik,   sehingga   akhirnya   dapat   mencapai   tujuan   pendidikan   yang diharapkan.

 

A.  Rasional

 

Pada Undang-undang Nomor 20   Tahun 2003 pasal 35 ayat (1) dinyatakan bahwa standar  nasional pendidikan mencakup standar isi, proses, kompetensi lulusan, pendidik dan tenaga  kependidikan, sarana dan prasarana, pengelolaan, pembiayaan, dan penilaian pendidikan. Standar nasional pendidikan merupakan dasar untuk penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan.

Standar penilaian  berorientasi  pada  tingkat  penguasaan  kompetensi  yang ditargetkan  dalam  Standar  Isi  (SI)  dan  Standar  Kompetensi  Lulusan  (SKL). Dalam Peraturan Pemerintah (PP) 19 Pasal 1 butir 5 dinyatakan bahwa SI adalah ruang lingkup materi dan  tingkat  kompetensi yang dituangkan dalam kriteria tentang   kompetensi   tamatan,   kompetensi   bahan   kajian,   kompetensi   mata pelajaran, dan silabus pembelajaran yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu. Dalam Pasal  1 butir 4 yang dimaksud SKL adalah kualifikasi kemampuan lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan,  dan keterampilan.

Berdasarkan PP 19 Pasal 63 ayat (1) penilaian pada jenjang pendidikan dasar dan menengah terdiri atas: (a) penilaian hasil belajar oleh pendidik, (b) penilaian hasil belajar oleh  satuan pendidikan, dan (c) penilaian oleh pemerintah. Untuk ke lima kelompok  mata  pelajaran  penilaian  dilakukan  oleh pendidik dan satuan pendidikan. Penilaian hasil belajar oleh pendidik dilakukan secara berkesinambungan untuk memantau proses, kemajuan dan perbaikan hasil dalam bentuk ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, dan  ulangan  kenaikan  kelas.  Penilaian  digunakan  untuk  menilai  pencapaian kompetensi peserta didik, bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar, dan memperbaiki proses pembelajaran (Pasal 64 ayat (1) dan (2)). Pasal 64 ayat (3) menyatakan bahwa penilaian  hasil belajar kelompok mata pelajaran masing-masing dilakukan melalui pengamatan  terhadap perubahan perilaku dan sikap untuk menilai perkembangan afeksi dan kepribadian  peserta didik; serta ujian, ulangan, dan/atau penugasan untuk mengukur aspek kognitif peserta didik.

Pasal 65 Ayat (2) menyatakan bahwa penilaian hasil belajar untuk semua mata   pelajaran   pada  limakelompok  mata  pelajaran, merupakan penilaian akhir untuk menentukan kelulusan peserta didik dari satuan pendidikan.

PP 19 Pasal 64 ayat (7) menyatakan bahwa untuk jenjang pendidikan dasar dan   menengah   Badan   Standar   Nasional   Pendidikan   (BSNP)   menerbitkan panduan  penilaian  untuk  lima  kelompok  mata  pelajaran. Panduan  ini  berisi  penjelasan  mengenai   rasional  serta  tujuan  dan  manfaat panduan, pengertian, prinsip-prinsip, serta teknik dan prosedur penilaian.

 

 

B. Tujuan dan Manfaat Panduan

 

Panduan ini  disusun  sebagai  acuan  bagi  pendidik  dan  satuan  pendidikan dalam melakukan kegiatan penilaian  lima kelompok mata pelajaran yang meliputi:  perancangan dan pelaksanaan penilaian, pengolahan dan penyajian hasil penilaian, serta pelaporan dan tindak lanjutnya. Dengan mengacu pada   panduan  ini,  pendidik dan satuan  pendidikan    diharapkan dapat melaksanakan  penilaian yang mendukung penjaminan dan pengendalian mutu pendidikan.

Ingin tahu Prinsip dan Teknik Penilaian bisa download disini.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: