• Pilih Kategori

Aplikasi Perpustakaan (Athe8.5 beta)

Athenaeum Light Versi Indonesia

Kata “Athenaeum” diambil dari bahasa Yunani, yang artinya perpustakaan atau reading room. Nama ini digunakan oleh Sumware Consulting, perusahaan software yang berlokasi di New Zealand, untuk nama produk perangkat lunak perpustakaan yang mereka buat.
Sumware Consulting telah berdiri sejak tahun 1992 bersamaan dengan peluncuran produk pertama untuk solusi perpustakaan yang bernama “That Book is SumWare”. Mereka mengkhususkan diri pada pengembangan dan training database, dengan fokus secara ekslusif pada produk Filemaker untuk Windows dan Macintosh.
Di Indonesia, software Athenaeum Light dikembangkan lebih lanjut sehingga muncullah Atheneaeum Light versi Indonesia (Athe8.5 beta). Selengkapnya dapat disimak di situs resmi Athenaeum Light Indonesia di http://kali-indonesia.blogspot.com. Cukup banyak juga pengguna versi Indonesia ini, mulai dari perpustakaan pribadi sampai perpustakaan daerah. Kelebihan dari software ini adalah:

1. Instalasi mudah, hanya cukup mengekstrak ke harddisk komputer kita,
2. Fitur sangat lengkap, bahkan tersedia Klasifikasi DDC segala.
3. Backup data gampang, tinggal di-zip/di-rar,
4. Portable, dapat di pindah-pindah ke komputer lain dengan cepat tanpa menghilangkan data yang sudah kita input sebelumnya.
5. Ada pengembangnya (dalam hal ini adalah komunitas Athenaeum Light Indonesia di (http://kali-indonesia.blogspot.com). Jadi, ada pihak yang bisa dimintai solusi kalau ada permasalahan dan yang mengembangkan software tersebut lebih lanjut.

Kekurangannya sependek pengetahuan saya barangkali hanya apabila kita mau menggunakannya untuk jaringan (maksudnya: di link di beberapa komputer). Kita membutuhkan software File Maker untuk diinstal terlebih dahulu, dan itu belum tersedia versi freenya. Sedangkan kalau harus beli ya mahaaal….. Tapi, untuk ukuran perpustakaan skala kecil sampai dengan menengah saya rasa Athenaeum Light versi Indonesia sudah sangat-sangat-sangat luar biasa.

Berikut langkah-langkah instalasi Athenaeum Light, dengan asumsi file Athe8.5 beta sudah Anda download dari situs penyedianya di link ini. Kemudian, ikuti langkah-langkah di bawah ini. It’s easy:
1. Buka file Athe8.5 beta yang bereksistensi .zip
2. Kemudian, extract ke drive komputer, misalnya C:\
3. Klik Ok, maka instalasi selesai.
4. Setelah itu buka folder hasil ekstrak tadi. Kalau ekstraknya di drive C ya bukanya di C, jangan buka yang lain-lain… hahaha. File-file dalam folder Atheneaum Light adalah seperti ilustrasi berikut ini:
5. Dari file-file tersebut, klik file Athe8.5v1.application untuk menjalankan. Catatan: file-file dalam folder tersebut jangan sampai ada yang terhapus!
6. Username: kosongi saja, password: merdeka
7. Software Atheneaum Light sudah bisa digunakan. Dan selamatlah Anda serta perpustakaan Anda.
Berikut adalah tampilan menu Admin software Atheneaum Light:
Ini adalah tampilan menu Home/beranda (tampilan awal) software Atheneaum Light:
Berturut-turut di bawah ini adalah tampilan menu katalog on-line, pencarian, sirkulasi dan menu laporan dari software Atheneaum Light:
(jadi, lupakanlah kartu katalog manual Anda… dimuseumkan saja..hehehe)
Overall, software Atheneaum Light sangat recomended untuk perpustakaan Anda. Jangan lupa, download dan tutorial lengkap bisa Anda dapatkan di komunitas Athenaeum Light Indonesia di alamat http://kali-indonesia.blogspot.com untuk tutorial download di link ini.

 

2 Tanggapan

  1. manualnya gk bs di download minta manualnya dong krm via mail ardiansyah1985@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: